Buku Tamu

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakaatuh

Selamat datang di website Masjid Al Amanah, Kementerian Keuangan

Semoga kehadiran website ini bisa menjadi sarana peningkatan keilmuan dan keimanan, memotivasi amal serta meningkatkan ukhuwah di antara pegawai Kementerian Keuangan pada khususnya dan umat Islam pada umumnya

Kami tim redaksi sangat mengharapkan adanya saran dan masukan dari para pengunjung semuanya demi kemajuan, perbaikan dan peningkatan manfaat website ini.

Saran dan masukan  bisa anda sampaikan melalui buku tamu ini atau dikirim via email ke alamanahdepkeu@gmail.com

“Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rizky yang baik dan amalan yang diterima”

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakaatuh

87 Comments

  1. Assalamu’alaikum wr.wb.

    Akhi, setelah saya membaca beberapa artikel dalam website masjidalamanah, ada beberapa artikel diambil dari artikel sumber2 lain, misalnya hidayatullah, eramuslim dll. Apakah diperkenankan dari segi hukum kita mengambil artikel dari sumber lain? copyright-nya gimana?

    Terima kasih.

    1. di alamat2 tersebut ada tertulis dipersilahkan mengcopy tulisan ini dengan syarat tetap mencantumkan linknya. Insya Allah kami selalu mencoba mencantumkan link dari setiap artikel-artikel yang kami muat ulang disini, semoga tidak ada yang terlupa. Jazakumullah atas masukannya

  2. Assalamu’alaikum wr. wb….
    Mau tanya nih kalau mengirim tulisan atau artikel yang bermanfaat (akan dicantumkan sumbernya) bisa dikirim ke mana ya?
    Atas perhatian dan jawabannya, jazakallah khairan katsir

  3. Assalamu’alaikum wr.wb.

    Kalau boleh usul, untuk setiap kajian sebaiknya selain mp3 di upload juga mungkin perlu disampaikan intisari kajian sehingga bisa menambah hasanah tulisan plus photo ustadz dan jamaah yang sedang mengikuti kajian. Terimak kasih.

    1. wa’alaikumussalam warrahmatullahi wabarakaatuh
      terimakasih banyak atas usulannya Pak, masukan yang sangat bagus sekali
      untuk intisari kajian insya Allah mulai minggu ini akan kami tampilkan sehari setelah acara kajian dan semoga kedepannya bisa lebih cepat lagi
      untuk foto acara semoga bisa kami tampilkan juga untuk kajian-kajian yang akan datang

  4. Assalamu’alaikum wrwb. Alhamdulillah, hadirnya situs ini seperti sebuah oase di kementerian keuangan. Semoga Allah merahmati…

    Saran, alangkah baiknya di situs ini ditampilkan jadwal sholat dan kalender hijriyah. Insya Allah informasi itu sangat bermanfaat. jazakumullah khair.

    Barakallah

  5. Assalamu’alaikum wr wb.

    usul mungkin di bagian bawah atau di suatu bagian ada kata2 mutiara atau penyejuk hati yang mungkin bisa di refresh tiap minggu…

    terima kasih…

    wassalamu’alikum wr wb.

  6. sekedar usul :
    1. kajian yang mengenai dunia islam bagaimana kalau yang dekat2 saja dulu nggak usah jauh jauh ke timur tengah dll, tapi ambil yang dekat saja misal : bagaimana masih banyak ummat menyembah kubur di makam wali wali di cirebon, banyak yang masim menyembah2 makam mbah priok dst, dan kondisi islam di indonesia sendiri. hal ini Insya ALloh akan lebih bermanfaat bagi kita, dan menghindarkan kita dari fitnah tersebut, karena kita lebih dekat terhadap hal tersebut.
    terima kasih

    1. terima kasih usulannya pak
      Insya Allah dalam waktu dekat akan diadakan kajian mengenai virus-virus liberal yang menyebar di Indonesia dan bagaimana cara kita mengindarinya
      Usulan bapak Insya Allah akan segera kami teruskan ke bidang kajian

  7. keren neeh situsnya. arras theme salah satu template terbaik menurut saya, walo saya sendiri ga pake. :mrgreen:

    semoga situs ini dapat semakin berkembang ke depannya.

  8. Assalaamu’alaikum wr. wb.

    Mohon maaf sebelumnya, sedikit saran mungkin perlu kami sampaikan.
    Mohon agar pengurus melakukan evaluasi terhadap khotib, atau setidaknya pada saat khutbah dilaksanakan, pengurus seharusnya ada di barisan terdepan untuk mengingatkan apabila ada kekurangan.
    Dalam 2 jum’at terakhir, khotib tidak secara lengkap membacakan rukun khutbah. Hal tsb berdampak pada sah/tidaknya sholat jum’at. Ini adalah hal yang sangat penting karena menyangkut Rukun Khutbah.
    Mohon agar dijadikan perhatian.

  9. Akh, berhubung karpet telah terpenuhi semua, tolong iklan wakaf di off kan.
    Tolong sampaikan, rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para muwaqqif.
    Jazakallah khairon katsira.

  10. Assalaamu’alaikum wr. wb.
    Berdasarkan laporan bendahara masjid, tolong sampaikan di web bahwa penerimaan wakaf karpet sebesar Rp.38.770.000.- dan pengeluaran Rp.39.370.000.-, Saldo minus -35.000.- (dana kekurangan -35.000.- telah ditutup dari kas masjid). jadi saldo Rp.0

  11. Assalaamu’alaikum wr. wb.
    Akh, tolong di update laporan keuangan masjid al-amanah dengan data dari bendahara sebagai berikut:

    A. PENERIMAAN
    1. saldo 24 juni 2011 : Rp.73.137.350.-
    2. penerimaan kotak amal jum’at 24 juni 2011 : Rp.6.181.000.-
    Jumlah Penerimaan : Rp.79.318.350.-

    B. PENGELUARAN
    1. Pengeluaran rutin : Rp. 775.000.-
    2. Kegiatan Seminar Perencanaan
    Keuangan Keluaraga Muslim : Rp. 10.000.000.-
    Jumlah Pengeluaran : Rp. 10.775.000.-
    C. SALDO S.D. 1 JULI 2011 : Rp. 68.543.350

  12. Assalamu’alaikum wr.wb.

    Akhi, saya usul tulisan2 cerpen, puisi dan karya photograpi atau menggambar al-manah fair tolong di upload aja di web almanah.
    Ok????

  13. Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Ikhwan dan Akhwat semua. Dengan penuh rasa hormat, apabila berkenan mohon juga diinfokan berita dakwah dari daerah2 sehingga bisa menambah hasanah di web masjid al-amanah.com yang kita cintai. Khusus bagi rekan2 Tim Kontributor Pengelola Website Al-Amanah yang ada di daerah. SK Tim akan segera kami sampaikan.
    Jazakumullah khairan katsiraa.

  14. assalamualaikum,

    mau nanya nih, seksi download softcopy kajian kalo di klik ujung-ujungnya kenapa jadi mengarah ke situs ini ya:

    “http://www.asuswebstorage.com/navigate/s?
    u=D36bH8”

    Terimakasih jawabannya..

    1. waalaikumussalam
      karena keterbatasan hosting kami, selama ini kami menggunakan media penyimpanan gratis di asuswebstore
      dan memang seringkali bermasalah
      Saat ini, sedang kami bahas rencana upgrade kapasitas hosting
      mohon doanya agar bisa segera terealisasikan
      terima kasih atas perhatiannya

      1. Assalamu’alaikum wr.wb.
        Akhi, tolong di update laporan keuangan:

        LAPORAN KEUANGAN MASJID ALAMANAH
        21 OKTOBER 2011
        PENRIMAAN
        a. Saldo 14 Oktober 2011 :Rp.9.674.650.-
        b. Penerimaan Jum’at 14 Okt :Rp.5.448.000.-
        JUMLAH PENERIMAAN :Rp.15.122.650.-

        PENGELUARAN
        a. Pengeluaran Jum’at 14 Okt: Rp. 775.000.-
        b. Pembelian 1 AC : Rp.2.400.000.-

        JUMLAH PENGELUARAN : Rp.3.175.000.-

        SALDO S.D. 21 OKTOBER 2011 : 11.947.650.-

  15. Assalamu’alaikum wrwb.

    Mas agus tolong di update laporan Tabarat (Tabungan Akhirat):

    LAPORAN TABARAT 22-12-2011
    A. PENERIMAAN:
    1. Santunan Anak Yatim : 435.100.-
    2. Infaq : 12.336.600.-
    3. Zakat : 2.892.400.-
    4. Wakaf : 2.450.000.-
    TOTAL PENERIMAAN :RP.18.114.100.-

    B. PENGELUARAN
    1. Pengeluaran Santunan : 1.000.000.-
    TOTAL PENGELUARAN : RP.1.000.000.-
    C. SALDO : 17.114.100.-

  16. Assalamu’alaikum wrwb.

    Mas agus tolong ditambahkan lagi update laporan Kas Masjid diluar Tabarat (Tabungan Akhirat):

    LAPORAN KEUANGAN MASJID AL-AMANAH DILUAR TABARAT
    A. PENERIMAAN:
    1. Saldo s.d. 16 Desember 2011 : 26.532.000.-
    2. Penerimaan Jum’at 16-12-2011 : 5.454.000.-
    JUMLAH PENERIMAAN : 31.986.000-

    B. PENGELUARAN
    1. Pengeluaran : 775.000.-
    2. Infaq Risalah Annatijah Nopmbr : 165.000.-
    3. Pedoman Sholat Bulanan Okt-Des : 270.000.-
    JUMLAH PENGELUARAN : 1.210.000.-
    SALDO s.d. 23 Desember 2011 :30.776.000.-

    TOTAL PENGELUARAN : RP.1.000.000.-
    C. SALDO : 17.114.100.-

  17. Assalamu’alaikum wrwb.

    Mas agus tolong ditambahkan lagi update laporan Kas Masjid diluar Tabarat (Tabungan Akhirat):

    LAPORAN KEUANGAN MASJID AL-AMANAH DILUAR TABARAT
    A. PENERIMAAN:
    1. Saldo s.d. 16 Desember 2011 : 26.532.000.-
    2. Penerimaan Jum’at 16-12-2011 : 5.454.000.-
    JUMLAH PENERIMAAN : 31.986.000-

    B. PENGELUARAN
    1. Pengeluaran : 775.000.-
    2. Infaq Risalah Annatijah Nopmbr : 165.000.-
    3. Pedoman Sholat Bulanan Okt-Des : 270.000.-
    JUMLAH PENGELUARAN : 1.210.000.-
    SALDO s.d. 23 Desember 2011 :30.776.000.-

  18. Assalamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

    Ana hanya mau memberikan masukan saja terkait dengan penjualan kalender di Masjid Al Amanah:

    1. Bukankah praktek pemberian infak yang hakekatnya ada proses jual beli di masjid tersebut tidak dibenarkan dalam Islam?
    referensi: http://ustadzaris.com/hukum-jual-beli-di-halaman-masjid

    2. Terkait dengan kalender itu sendiri, bukankah adanya larangan memajang gambar2 makhluk bernyawa? Di dalam kalender tersebut ada gambar/foto2nya.
    referensi: http://ustadzaris.com/hukum-foto

    Afwan jika penyampaian ini kurang berkenan.

    Barakallaahu fiykum

  19. Assalamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

    Afwan, ana hanya membeirkan masukan saja:
    1. Terkait dengan Mading, prinsipnya saya setuju dengan berita/informasi tentang duni Islam, namun mungkin untuk gambar foto/makhluk hidupnya bisa di hide.Bukankah adanya larangan memajang gambar2 makhluk bernyawa?
    referensi: http://rumaysho.com/hukum-islam/umum/3370-hukum-memajang-foto-makhluk-bernyawa.html

    Mungkin mading juga menginformasikan tentang bagaimana cara sholat berjamaah yang benar (membuat shaf sholat) dan adab2 lainnya terkait dengan di masjid beserta dalil2nya.

    2. Terkait dengan sholat jum’at, mohon kiranya bisa disampaikan oleh MC bahwa selain mengingatkan utk mematikan HP, juga beberpa hadits tentang:
    a. larangan mengobrol selama khotbah berlangsung
    Dari Ibnu ‘Abbas, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

    مَنْ تَكَلَّمَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَالإِمَامُ يَخْطُبُ فَهُوَ كَمَثَلِ الْحِمَارِ يَحْمِلُ أَسْفَاراً وَالَّذِى يَقُولُ لَهُ أَنْصِتْ لَيْسَ لَهُ جُمُعَةٌ

    “Barangsiapa yang berbicara pada saat imam khutbah Jum’at, maka ia seperti keledai yang memikul lembaran-lembaran (artinya: ibadahnya sia-sia, tidak ada manfaat, pen). Siapa yang diperintahkan untuk diam (lalu tidak diam), maka tidak ada Jum’at baginya (artinya: ibadah Jum’atnya tidak sempurna, pen).” (HR. Ahmad 1: 230. Hadits ini dho’if kata Syaikh Al Albani)
    b. Adab2 duduk mendengarkan khotbah, sebagaimana hadits:
    Sahl bin Mu’ad bin Anas mengatakan bahwa Rasulullah melarang Al Habwah (duduk sambil memegang lutut) pada saat sholat Jum’at ketika imam sedang berkhotbah “. (HR. Abu Dawud, Tirmidzi).

    Demikian sementara yang bisa saya sampaikan.
    Barakallaahu fiykum.

    1. alhamd, jzk atas masukannya akhi…

      pemahaman fiqih tentu beragam akhi, salah satunya mengenai pengkategorian foto apakah juga bisa dipersamakan dengan lukisan sebagaimana hadits2 yang antum pahami. ada banyak pendapat mengenai hal itu, dan tentunya kita tidak ingin meributkan mana yang benar dan mana yang salah, karena urusan yang lebih penting daripada itu jauh dan jauh lebih banyak akhi, seperti halnya saja dari rekan kerja kita seruangan yang tidak juga bergeming ketika adzan sudah dikumandangkan, apalagi yang tidak mau shalat. itu yang harus kita lebih fikirkan. hemat saya akhi, mari kita saling toleransi karena pemahaman yang berbeda dari antum itu belum tentu salah menurut Allah. kita pasrahkan saja kepada Allah.

      Pengurus mengajak antum untuk berkontribusi dalam dakwah di al amanah, ulasan dan usulan yang antum sampaikan tentu akan lebih memiliki ruh dengan kontribusi antum di al amanah, mari ikut bersama2 memakmurkan masjid akhi, intansurullaha yansurkum…

  20. assalamu’alaikumwrwb

    ana mw konfirmasi terkait fitur konsultasi>kirim pertanyaan..kok notif nya “error 404 – not found. We’re very sorry, but that page doesn’t exist or has been moved” ya? ana coba tanya di tempat lain juga sama notif nya..apa memang sudah dihapus kah?

  21. minta tolong diupload kajian2 yang desember-januari nya pak, sepertinya blum itu ya..
    req juga terkait kualitas suaranya mohon ditingkatkan (ada yg menurun kualitasnya sepertinya, misal: ada yg agak kecil n kurang jelas sewaktu didengar)

    1. untuk masalah upload memang agak terkendala karena akhir-akhir ini jaringan komputer admin tidak bisa mengunggah file mp3 (sepertinya kena blok jaringan kantor)
      untuk masalah kualitas suara, Insya Allah akan segera disampaikan ke bagian dokumentasi
      terima kasih banyak atas info dan masukannya

      1. ada sedikit usulan juga nih pegimane kalo mp3nya kita taruh di ftp LAN, misal di komputer admin dibikin ftp, nah itu insya Allah bisa nampung banyak, dan mungkin bisa juga nampung video2nya disitu. kan kita kebanyakan pake jaringan pusintek tho, dan pengunjungnya juga kebanyakan pake jaringan yang sama. tapi masalahnya nanti pengunjung dari luar engga bisa download…

        1. terimakasih usulannya pak
          saat ini sedang kami proses penambahan kapasitas hosting untuk masjid al amanah
          untuk penggunaan jaringan LAN juga sedang kami persiapkan, semoga bisa segera terealisasikan
          jadi nanti ada 2 saluran donwload, untuk eksternal kementerian keuangan dan untuk internal kementerian keuangan

  22. Assalaamu’alaikum wr.wb

    Ikhwah fillah yang saya cintai karena Alloh. Mari kita kuatkan tekad dan dukung bersama secara materil dan immateril terkait dengan rencana perluasan Masjid Al-Amanah di Kantor Pusat, Kementeria Keuangan. Mudah2an Alloh SWT Yang Maha Kaya dan Maha Perkasa memberikan kemudahan kepada kita semua. Amiin.

    1. dari pengurus sangat mempersilahkan untuk berjualan di luar area masjid al amanah, namun kami tidak bertanggungjawab terhadap pihak security kemenkeu karena selain area masjid, disitu juga area kantor

  23. Assalamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

    Dalam kesempatan ini ana ingin menyanpaikan 2 hal kepada DKM Masjid Al amanah:

    1. Terkait dengan adanya waktu digital yang di pajang di dekat mimbar imam, prinsipnya ana sependapat karena dapat menginformasikan kepada jamaah kapan waktu sholat dan kapan waktu iqomah tiba. Hal yang mengganjal adalah mengenai waktu iqomah yang terjadi selama ini sering tidak sesuai dengan toleransi waktu yang diinformasikan dalam waktu digital tersebut. Seringkali waktu utk iqomah masih lama tapi sudah iqomah, padahal banyak jamaah akan sholat sunnah rawatib jadi mengurungkan niat tsb. Mohon agar muadzin tidak tergesa2 untuk mengumandangkan iqomah jika masih belum masuk waktu iqomah spt yang diinformasikan dalam waktu digital yang terpajang.
    2. Terkait dengan arah kiblat, ana pernah coba menggunakan kompas kiblat, sepertinya arah kiblat masjid agak sedikit bergeser kurang lebih 15 derajat dr yang sekarang. Mohon tanggapan tentang hal ini.

    Syukron jaziilan wa barakallahu fiykum.

  24. abu shofiy, alhamd. jzk atas masukannya. sudah pernah disampaikan juga sebelumnya kepada muadzin yang beberapa kali mengumandangkan iqomah sebelum waktu yang tersepakati melalui timer iqomah. semoga kedepan bisa lebih tertib sesuai timer iqomah sehingga memberikan kesempatan jama’ah untuk shalat sunnah.

    yang saya amati memang sepertinya si muadzin “terpaksa” untuk mengumandangkan iqomah karena sudah diteriaki oleh jama’ah dibelakang muadzin untuk segera iqomah karena “seperti” sudah tidak ada lagi yang shalat sunnah, padahal di belakang sana masih ada juga. tapi memang idealnya harus sesuai dengan kesepakatan yang ada di timer iqomah sehingga lebih tertib.

    untuk arah qiblat, insya Allah nanti disampaikan kepada pengurus apakah nanti perlu kita tinjau kembali arah qiblat yang benar. namun untuk saat ini, hemat saya cukuplah kita menggunakan arah yang sekarang, karena arah yang sekarang pun pasti juga dari perhitungan dan hasil ikhtiar para pendiri masjid terdahulu.

    Jazakallah, pengurus mengajak juga kepada antum untuk bisa berkontribusi di al amanah, dalam bentuk apapun yang antum sanggup, bisa melalui tenaga/ tulisan/ dll. Silahkan menghubungi pengurus, intansurullah yansurkum…

    1. Waalaikumussalam
      maksudnya magang di Kantor Keuangan ya? bisa langsung datang ke kantor aja ya Mas, nanti bisa konsultasi ke sekretariat. Biasanya ada juga anak2 SMU/SMK yang magang, tapi mekanismenya seperti apa kami juga kurang tahu

  25. Materi kajian hari ini mengenai cara mendidik anak sangat bagus dan dapat jadi pembelajaran bagi para orang tua.

    Mohon kiranya rekaman kajian hari ini (04-06-2014) dapat diunggah ke website ini agar dapat diunduh oleh para jamaah.

    Jazakumullah atas perhatiannya…

  26. Assalamu’alaikum wr.wb.

    ada beberapa hal yg akan saya sampaikan:
    1. Saya sdh beberapa minggu lalu mendaftar di ODOJ Kemenkeu tapi hingga sy saat ini belum ada konfirm dari admin. kenapa ya…?
    2. Struktur pengurus Masjid Al Amanah masih struktur tahun 2012 padahal sekarang sdh tahun 2014 berarti sdh 2 periode gak di update ya…:)

    demikian harap kiranya dapat di berikan jawabannya, terima kasih wa jazakumullahu.

    1. waalaikumussalam
      1. kebetulan jumlah pendaftar sampai saat ini belum mencapai kuota minimal pak (30 orang), jadi biasanya langsung kita daftarkan ke ODOJ pusat. nanti coba kami konformasi lagi ke PJ nya
      2. Iya pak, belum diupdate 🙂

  27. Assalamu’alaikum wr.wb.

    kenapa mesti harus 30 orang, kalau memang tidak mendapatkan 30, mungkin 10 orang atau 15 orang satu kelompok bisa di mulai, sehingga khatamnya satu kelompok 2 hari atau 3 hari dengan tetap masing-masing orang membacanya 1 hari 1 juz…., ini usulan aja ya… sehingga progam ODOJ internal al-amanah bisa berjalan…:) jzkllh.

  28. Assalamualaikum Wr.wb

    Saya tertarik sekali dengan kajian hari ini mengenai Kajian Parenting “Negeri Tanpa Ayah”.
    Apa bisa di Upload Video kajian dan Presentasinya ??

    Apakah kajian Parenting ini akan dilakukan Mingguan…??
    Sangat menarik sekali pembahasannya..

    Terima kasih

  29. bismilah kami dari yayasan daarush shuffah mau mengajukan beberapa asatidz kami untuk dapat mengamalakan ilmunya khususnya khotib jum`at apakah bisa untuk tahun depan?

    jazakallah

  30. alhamdulillah, takmir masjid telah memanjakan jamaah utk sholat dg tempat yang bersih dan ber-ac, namun ac nya terlalu dingin utk cuaca saat ini. mohon utk disesuaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.