Mabit November 18

Pada awal bulan November ini, Masjid Al Amanah Kemenkeu kembali menyelenggarakan kegiatan mabit (malam bina iman dan takwa). Kegiatan Mabit kali ini dihadiri kurang lebih 140 peserta, dari berbagai Eselon I Kemenkeu di sekitar lapangan banteng. Mabit dilaksankan pada hari Kamis 8 November 2018 dari pukul 20.00 s.d 05.00 esok harinya.

Kegiatan Mabit dimulai dengan pembukaan oleh MC, Bapak Djoko Julianto, Kepala Seksi di KPPN Khusus Penerimaan. Acara kemudian dilanjutkan dengan tilawah oleh Ustadz Lalu Suhandi, Imam Masjid Al Amanah.  Setelah tilawah, kegiatan mabit masuk ke acara inti yaitu Tausiyah. Tausiyah mabit kali ini diisi oleh Ustadz Abdullah Haidir, Lc dengan mengambil tema “Merajut akhlak, menyemai indahnya Islam”.

Ustadz Abdullah haidir dalam tausiyahnya menyampaikan bahwa salah satu misi diutusnya Rosulullah Sholallahu ‘Alaihi Wassalam adalah untuk menyempurnakan aklak manusia, sebagaimana sabda Nabi : “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik” (H.R Ahmad).  Akhlak merupakan buah dari akidah dan ibadah. Oleh karena itu, seorang muslim yang memiliki akidah yang lurus dan ibadah yang benar, seharusnya akan memiliki akhlak yang baik pula. Dengan akhlak yang baik maka keindahan Islam sebagai rahmatan lil alamin akan benar-benar dirasakan oleh seluruh umat manusia.

Setelah tausiyah dan tanya jawab selesai, kegiatan mabit dilanjutkan dengan kuis online. Pelaksanaan kuis dimaksudkan untuk menguji pemahaman peserta terkait materi yang telah disampaikan. Kuis online yang didukung oleh aplikasi kahoot ini dipimpin oleh Mas Edy Nasrudin dari Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan. Setelah melewati pertanyaan demi pertanyaan, akhirnya diperoleh 5 peserta terbaik. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian hadiah oleh Bapak Dwi Wahyudi (Kabag Kepegawaian DJKN) dan Bapak Syahrowi Munthe (Ketua Harian Masjid Al Amanah).

Sekitar pukul 22.05 acara kuis dan pembagian hadiah berakhir. Seluruh peserta beristirahat, menyiapkan tenaga untuk agenda selanjutnya. Kurang lebih pukul 03.05 panitia membangunkan seluruh peserta untuk melaksanakan qiyamul lail. Qiyamul lail yang dipimpin oleh Ustadz Hamzah, Imam Masjid Al Amanah, berjalan khusyuk. Qiyamul Lail selesai tepat menjelang adzan subuh, kemudian dilanjutkan dengan sholat subuh berjamaah. Selesai sholat subuh, kegiatan mabit dilanjutkan dengan dzikir dan sarapan pagi bersama. Kegiatan sarapan pagi yang disertai bincang-bincang ringan antar peserta ini menjadi penanda berakhirnya Mabit Nopember 18.

Terima kasih kepada seluruh panitia dan seluruh peserta. Semoga pada kegiatan-kegiatan mabit yang akan datang bisa lebih semarak lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.