Suasana Kampoeng Ramadhan 1438 H

Photobooth

Suasana Ramadhan di sekitar masjid Al Amanah pada tahun ini lebih ‘berasa’. Hal ini dapat dirasakan ketika kita mulai berjalan melalui koridor di depan masjid. Banner-banner bertuliskan kutipan hadits yang bertemakan puasa terpasang disepanjang koridor. Kemudian sebelum pintu masuk masjid didekat tempat wudhu terdapat backdrop besar bertuliskan tema dan agenda kegiatan Kampoeng Ramadhan 1438 H. Ya, pada tahun ini masjid Al Amanah Kementerian Keuangan mengambil tema Kampoeng Ramadhan 1438 H dengan slogan ‘lebih dekat ke masjid (insyaAllah) lebih dekat ke syurga‘.

Tak kalah menariknya disudut bangunan masjid dekat pintu masuk tengah, terdapat photobooth yang bernuansa hijau dihiasi dengan dedaunan hijau dan lampu antik yang menonjolkan tema kampung yang bernuansa hijau dan sejuk. Photobooth ini disediakan kepada para jamaah untuk mengekspresikan semangat dan keceriaan dalam menyambut dan mengisi Ramadhan dengan penuh sukacita. Lapak-lapak bazar yang menawarkan aneka jajanan dan barang-barang kebutuhan jamaah juga digelar disepanjang koridor.

Banner Ramadhan

Meski bertemakan ‘kampoeng’, namun ketika kita memasuki ruang depan masjid suasana modern juga terlihat. Diruang depan masjid terdapat beberapa layar televisi lengkung yang menayangkan pesan-pesan Ramadhan dan informasi kegiatan masjid. Sejak hari pertama Ramadhan, suasana memakmurkan masjid terlihat saat pelaksanaan sholat dzuhur berjamaah yang dilanjutkan dengan kajian. Kemudian menjelang magrib para jamaah juga mulai berdatangan untuk ‘ngabuburit’ di masjid. Panitia Ramadhan memfasilitasi para jamaah yang ingin tilawah alquran, atau ingin menonton film Islami, sambil menunggu waktu berbuka.

Sesaat sebelum waktu berbuka area ruang depan masjid telah dipenuhi oleh para jamaah yang akan berbuka puasa bersama. Panitia menyediakan hidangan takjil dan nasi kotak untuk para jamaah yang mengikuti buka bersama di masjid Al Amanah. Pada malam harinya dilaksanakan sholat isya’ dan tarawih berjamaah untuk para pegawai dan karyawan yang bertugas di kantor hingga malam hari. Jika Anda ingin merasakan suasana Kampoeng Ramadhan di Masjid Al Amanah, silahkan bergabung dengan para jamaah lainnya untuk mengisi Ramadhan kali ini dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Al Amanah Kementerian Keuangan. (AR)