Penulis Putri Karyawan Kemenkeu Terbitkan 3 Buku

Menulis buku dapat digunakan untuk menyampaikan pesan moral. Ternyata hal itu  tidak hanya melulu dilakukan orang dewasa, anak-anak belia pun dapat mewujudkannya.  Amatullah Nuha Salsabila (12,5 tahun) pelajar kelas 7-2 SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo setidaknya telah membuktikannya. Baru-baru ini buku ketiganya telah diterbitkan sebuah penerbit di Bandung.

 

Pada buku kumpulan cerita pendek karya putri  Joko Susanto, karyawan KPP Madya Sidoarjo itu dia menulis tentang pentingya kejujuran. Siswa yang tahun lalu mengikuti konferensi penulis cilik Indonesia di Jakarta itu  menunjukkan bakat mengarangnya. Setelah sukses menelorkan karya novel perdananya yang telah cetak ulang, Kecil Kecil Punya Karya berjudul The Rainbow Shool . Belum lama ini buku kumpulan cerita The Story Exlporer bertitel Sepeda untuk Sahabat telah diterbitkan oleh penerbit Tiga Ananda Solo.

Berbeda dengan buku pertama yang berupa novel, buku kedua berupa kumpulan cerpen. Sedangkan buku ke-3 KKPK We Are The Stars yang beredar bulan ini merupakan kumpulan cerpen bersama teman-teman penulisnya. Kebanyakan hasil olah cerita berdasarkan pengalaman nyatanya selama sekolah. Mulai dari pengalamannya memasuki kuburan malam-malam dengan mata tertutup slayer ketika berkemah di Krembung, Sidoarjo hingga pengalaman kocaknya saat memasak.

Lulusan SD IT Nurul Fikri Sidoarjo yang pernah diundang mengikuti Konferensi Penulis Cilik Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta tahun lalu itu awalnya hanya menulis cerita seusai mengikuti suatu kegiatan. Biasanya ditulis di buku diary dan komputernya. Sebagian dikirim ke surat kabar atau majalah.  Tidak terasa jumlahnya ternyata makin banyak. Sudah pantas dijadikan sebuah buku. Oleh orangtuanya kumpulan cerita itu dikirim ke sebuah penerbit terkenal di Jakarta. Tiga bulan kemudian mendapat kabar kalau naskahnya tidak dapat diterbitkan karena penerbit hanya menerima jenis novel bukan cerpen. “Sedih juga nunggu lama tapi kabarnya ditolak,” kata Nuha.

Pelajar Sukodono Sidoarjo yang pernah menjadi juara harapan olimpiade matematika kabupaten Sidoarjo ini berharap dari uang royaltinya dapat dipakai ke luar negeri.

Menariknya, bakat menulis Nuha juga menyebar di keluarganya. Bahkan kedua adiknya,  sama-sama hobi membaca dan menulis dan telah menerbitkan buku. Buku itu berisi kumpulan puisi dan cerita sangat pendek tentang berbagai hal yang terjadi di sekolah dan di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.