Delegasi Indonesia Ikut MTQ Ke-13 Internasional di Moskow

Indonesia berpartisipasi pada lomba musabaqoh tilawatil quran (MTQ) ke-13 tingkat Internasional di Moskow [13-14/10/2012].

Meskipun belum dapat menembus nominasi yang terbaik, kehadiran wakil Indonesia mendapat sambutan dan penghargaan dari panitia penyelenggara dan umat muslim Rusia.

Lomba diikuti oleh peserta dari 34 negara di Eropa, Timur Tengah, Asia, Amerika dan Afrika. Selain Indonesia, yang mengirimkan wakilnya adalah Malaysia, Amerika Serikat, Arab Saudi, Kuwait, Afrika Selatan, Senegal, Tanzania, Ukraina.

Spanyol, Irak, Kazakhstan, Turki, Tadjikistan, Palestina, Mesir, dan Rusia sebagai tuan rumah. Kategori yang diperlombakan adalah hafalan Al-Quran atau tahfizh.

“Terasa sekali semarak lomba yang dilandasi nuansa kekeluargaan dan persaudaraan, baik antara sesama peserta, maupun peserta dengan panitia dan masyarakat muslim Rusia,” ujar Jajang Hasanudin, peserta dari Indonesia.

Menurut Jajang, penghafal Al-Quran tidak hanya dari negara-negara pusat Islam, tetapi juga dari negara minoritas penduduk Muslim, seperti China, Amerika Serikat, Spanyol, Ukraina, dan bahkan Rusia sebagai negara bekas komunis.

“Kita melihat banyak hafiz dari negara-negara tersebut. Jadi Al-Quran untuk semua umat muslim dan sebagai petunjuk bagi manusia atau hudan linnas,” kata Jajang.

Jajang yang dikirim oleh Jam’iyyatul Qurra’ wal-Huffahz Nahdlatul Ulama (JQH NU) adalah peserta tahfizh terbaik MTQ Internasional I JQH NU yang digelar di Pontianak, Kalimantan Barat, Juli lalu.

Jajang merupakan mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ) Jakarta yang hafal 30 juz Al-Quran dan menguasai qiroah syaba’ah dengan 14 riwayat.
Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Moskow Moenir Ari Soenanda yang hadir dalam MTQ tersebut menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kehadiran peserta dari Indonesia.

“Diharapkan kita dapat ikut serta secara berkesinambungan dalam lomba ini sebagai langkah untuk lebih meningkatkan dan mempererat hubungan antar bangsa,” kata Moenir Ari Soenanda.

Lomba MTQ ini diselenggarakan setiap tahun oleh Dewan Mufti Rusia yang didukung Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia dan Pemerintah Kota Moskow.

Peserta terbaik MTQ kali ini berturut-turut adalah Marzuk Hussem dari Tunisia yang menempati posisi pertama, Malek Abdulmalek Ahmed dari Yaman sebagai juara kedua, dan Mohammad Al-Bakra dari Kuwait terbaik ketiga.[trb/pdm/im]

sumber : www.islamedia.web.id