12.000 Orang Menulis Al Quran Serentak

12.000 Orang Menulis Al Quran Serentak

Sekitar 12.000 orang dari berbagai kalangan mulai pelajar, pegawai negeri sipil, TNI/Polri, nelayan, petani/petambak, dan tukang becak, secara serentak menulis ayat-ayat Al Quran, di halaman Kantor Bupati Gresik, Kamis (24/5/2012) ini.

Dalam Gerakan massal menulis Al Quran oleh 12.000 orang hasil kerja sama antara Pemerintah Kabupaten, Dewan Masjid Indonesia, Kementerian Agama, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik itu disiapkan 12.000 lembar kertas. Setiap peserta mendapat satu lembar untuk ditulis Al Quran.

Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim, menyatakan bangga atas antusiasme masyarakat Gresik ikut serta dalam event itu, karena semakin merekatkan simbol Gresik sebagai kota Santri. “Kami berharap ini akan menciptakan budaya masyarakat cinta Al Quran,” katanya.

Penggagas kegiatan, Farzain (41), menjelaskan, penulisan Al Quran yang dilaksanakan menggunakan sistem follow the line, yaitu hanya menebali dari tulisan tipis yang sudah ada. Dari kegiatan serupa yang pernah digelar, kali ini yang terbanyak pesertanya.

Even serupa sudah digelar beberapa kali sejak tahun 2010 di berbagai kota, diawali di Tangerang (Banten ), Jakarta, Samarinda (Kalimantan Timur), dan Aceh.

Pada 2011 kegiatan serupa dilaksanakan di Gelora Bung Karno , Taman Mini Indonesia Indah, dan Kuningan (Jawa Barat). Pada tahun 2012 dilaksanakan di Malang (Jawa Timur), dan Temanggung (Jawa Tengah). Di Malang diikuti oleh 3.712 peserta dan tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

“Kami berharap agar menulis dan membaca Al Quran bisa membudaya terutama di kalangan kaum muda. Kalau sehari saja dapat dua halaman, maka setahun setiap orang bisa punya Al Quran tulisan tangan,” katanya.

sumber : www.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.