Kegiatan Bintal di Kanwil Bangka Belitung

Buah mangga dikupas kulitnya

Dipotong dan dimakan enak rasanya

Aktivitas Islam di Kanwil Babel terus terjaga

Mari kira doakan dan dukung bersama

 

Persaudaraan, Kerjasama, Semangat……….

Itulah beberapa kata yang mungkin bisa menggambarkan aktivitas Bintal Islam di Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Bangka Belitung. Suasana Islami sebenarnya sudah tampak ketika melihat para Ibu pegawai yang mengenakan jilbab beraktivitas melaksanakan tupoksi sehari-hari.

Aktivitas Musholla Al Amanah

Musholla Al Amanah sebagai pusat kegiatan Islam di Kanwil Babel dihidupkan dengan berbagai aktivitas ke Islaman. Sholat berjamaah adalah kegiatan rutinitas yang dilakukan para pegawai. Shaf penuh ketika Sholat Ashar, karena waktu itu sebagian besar pegawai bersama-sama menunaikan kewajiban. Jamaahnya bukan hanya para pelaksana, para pejabat dari Eselon II sampai Eselon IV pun turut serta.

Nah, tiap 2 kali dalam sepekan diadakan kegiatan kultum Ba’da Ashar yang disampaikan para pejabat maupun pelaksana. Dalam Islam tidak ada pandang bulu “dont judge the book from the cover”, jadi semua bisa berpartipasi dalam kultum tersebut. Kultum dilakukan secara terjadwal, jika pemateri berhalangan hadir maka akan digantikan pegawai yang lain.

Selain kegiatan di atas, Musholla Al Amanah juga memiliki perpustakaan mandiri, maksudnya isi perpustakaan didanai dari infaq para pegawai yang dikumpulkan setiap bulan. Bacaan-bacaan islam bermutu ada di perpustakaan Al Amanah. Selain itu ada juga MADING Al Amanah yang dikelola para pengurus. Isi mading diambil dari internet sehingga wawasan Islam para pegawai juga akan bertambah. Setiap 2 pekan sekali isi mading akan diganti dan disesuaikan dengan kondisi kekinian. Jadi para pegawai senantiasa terupdate informasi tentang dunia Islam.

ZIS dan Tabungan Qurban

Formulir zakat, infaq, sedekah dan tabungan qurban diedarkan para pengurus dan dibantu para pegawai lainnya. Sebagian besar para pegawai menyalurkan ZIS nya ke pengurus Bintal Islam Al Amanah Kanwil Babel termasuk tabungan qurban. Operasional kegiatan islam di Kanwil Babel didanai dari ZIS tersebut. Zakat diberikan kepada yang berhak terutama di lingkungan kantor Kanwil Babel.

Sedangkan infaq selain diberikan kepada sesama yang membutuhkan, infaq juga untuk mendanai kegiatan-kegiatan bintal Islam, diantaranya mengisi perlengkapan Musholla, pengajian bulanan, peringatan hari besar Islam dll. Selain itu musholla Al Amanah juga menerima bantuan maupun infaq untuk mengisi perlengkapan musholla. Hal itu tampak dari infaq pegawai dan pejabat dalam mengisi perlengkapan musholla seperti gordeyn, karpet, buku-buku Islam. Luar biasa. Moga Allah swt memberi balasan yang terbaik untuk mereka semua.

Tabungan qurban memudahkan para pegawai yang ingin beribadah qurban dengan cara menabung. Hal tersebut dikarenakan harga binatang qurban termasuk cukup mahal, maka pengurus bintal memfasilitasi para pegawai yang ingin berqurban dengan cara menabung, biasanya mereka menabung qurban tiap bulan 100 ribu rupiah, sehingga tidak terlalu memberatkan ketika membeli secara kontan. Dan pemotongan qurban dilakukan di samping kantor, maksudnya di tempat penjagalan sapi di samping kantor, karena lokasi kantor bersebelahan dengan penjagalan sapi.

Nah, waktu hari raya Idul Adha, karena sebagian besar pegawai tidak pulang kampung maka pemotongan hewan qurban terasa meriah termasuk saat memotong hewan qurban tadi untuk dibagi-bagikan kepada yang berhak. Untuk para peng qurban mereka juga diberikan dagingnya dan dimasak serta dimakan rame-rame di kantor. Seru  dan meriah, suasana keakraban, silaturahmi, kerjasama terlihat dalam kegiatan qurban dan aktivitas-aktivita Bintal Islam lainnya.

Semoga semakin terjaga nilai-nilai islam di Kanwil Babel dan semakin meningkat kinerjanya dalam menjalankan tupoksi…Wassalam

 

Kiriman Teguh Dwi Prasetyo, Direktorat Transformasi Perbendaharaan